1.Seperti biasa buat file baru dengan cara file->new
2.Buat sebuah object atau gambar bola
3.seleksi object yang baru kita buat menjadi sebuah movieclip dengan
cara click kanan->convert to symbol
4.click kiri object yang sudah diconvert menjadi movieclip kemudian buka action script
panel dengan menekan f9
5.masukkan script dibawah ini kedalam panel action script
onClipEvent (load) { _xspeed = random(10)-random(9); _yspeed = random(10)-random(9); _x = random(200)+20; _y = random(200)+20; persentase=5 } onClipEvent (enterFrame) { _x = _x+_xspeed; _y = _y+_yspeed; if (_x<0) { _xspeed = -_xspeed; } else if (_x>530) { _xspeed = -_xspeed; } if (_y<0) { _yspeed = -_yspeed; } else if (_y>389) { _yspeed = -_yspeed; } for (i=0; i<_root.jum; i++) { jarakx = _x-_root["bola"+i]._x; jaraky = _y-_root["bola"+i]._y; jarak = Math.sqrt(jarakx*jarakx+jaraky*jaraky); if (jarak<18) { if (Math.abs(_xspeed)>Math.abs(_root["bola"+i]._xspeed)) { if (_root["bola"+i]._xspeed>0) { _root["bola"+i]._xspeed = _root["bola"+i]._xspeed+(Math.abs(_xspeed)/persentase); } else { _root["bola"+i]._xspeed = _root["bola"+i]._xspeed-(Math.abs(_xspeed)/persentase); } if (_xspeed>0) { _xspeed = _xspeed-(Math.abs(_xspeed)/persentase); } else { _xspeed = _xspeed+(Math.abs(_xspeed)/persentase); } _root["bola"+i]._xspeed = -_root["bola"+i]._xspeed; _xspeed = -_xspeed; } else if (Math.abs(_yspeed)>Math.abs(_root["bola"+i]._yspeed)) { if (_root["bola"+i]._yspeed>0) { _root["bola"+i]._yspeed = _root["bola"+i]._yspeed+(Math.abs(_yspeed)/persentase); } else { _root["bola"+i]._yspeed = _root["bola"+i]._yspeed-(Math.abs(_yspeed)/persentase); } if (_yspeed>0) { _yspeed = _yspeed-(Math.abs(_yspeed)/persentase); } else { _yspeed = _yspeed+(Math.abs(_yspeed)/persentase); } _yspeed = -_yspeed; _root["bola"+i]._yspeed = -_root["bola"+i]._yspeed; } } } }
|
6.click kiri object kemudian beri nama instance "bola" pada panel properties
7.buka panel action
8.masukkan script dibawah ini kedalam panel action script
bola._visible = false; jum = 15; for(i=0;i< jum;i++) { duplicateMovieClip(bola, "bola"+i, i++); }
|
source
bounce_ball.zip
No comments:
Post a Comment