Pages

Create Bounce Ball With Flash

1.Seperti biasa buat file baru dengan cara file->new

2.Buat sebuah object atau gambar bola

3.seleksi object yang baru kita buat menjadi sebuah movieclip dengan
cara click kanan->convert to symbol

4.click kiri object yang sudah diconvert menjadi movieclip kemudian buka action script
panel dengan menekan f9

5.masukkan script dibawah ini kedalam panel action script



onClipEvent (load) {
_xspeed = random(10)-random(9);
_yspeed = random(10)-random(9);
_x = random(200)+20;
_y = random(200)+20;
persentase=5
}
onClipEvent (enterFrame) {
_x = _x+_xspeed;
_y = _y+_yspeed;
if (_x<0) {
_xspeed = -_xspeed;
} else if (_x>530) {
_xspeed = -_xspeed;
}
if (_y<0) {
_yspeed = -_yspeed;
} else if (_y>389) {
_yspeed = -_yspeed;
}
for (i=0; i<_root.jum; i++) {
jarakx = _x-_root["bola"+i]._x;
jaraky = _y-_root["bola"+i]._y;
jarak = Math.sqrt(jarakx*jarakx+jaraky*jaraky);
if (jarak<18) {
if (Math.abs(_xspeed)>Math.abs(_root["bola"+i]._xspeed)) {
if (_root["bola"+i]._xspeed>0) {
_root["bola"+i]._xspeed = _root["bola"+i]._xspeed+(Math.abs(_xspeed)/persentase);
} else {
_root["bola"+i]._xspeed = _root["bola"+i]._xspeed-(Math.abs(_xspeed)/persentase);
}
if (_xspeed>0) {
_xspeed = _xspeed-(Math.abs(_xspeed)/persentase);
} else {
_xspeed = _xspeed+(Math.abs(_xspeed)/persentase);
}
_root["bola"+i]._xspeed = -_root["bola"+i]._xspeed;
_xspeed = -_xspeed;
} else if (Math.abs(_yspeed)>Math.abs(_root["bola"+i]._yspeed)) {
if (_root["bola"+i]._yspeed>0) {
_root["bola"+i]._yspeed = _root["bola"+i]._yspeed+(Math.abs(_yspeed)/persentase);
} else {
_root["bola"+i]._yspeed = _root["bola"+i]._yspeed-(Math.abs(_yspeed)/persentase);
}
if (_yspeed>0) {
_yspeed = _yspeed-(Math.abs(_yspeed)/persentase);
} else {
_yspeed = _yspeed+(Math.abs(_yspeed)/persentase);
}
_yspeed = -_yspeed;
_root["bola"+i]._yspeed = -_root["bola"+i]._yspeed;
}
}
}
}



6.click kiri object kemudian beri nama instance "bola" pada panel properties

7.buka panel action

8.masukkan script dibawah ini kedalam panel action script


bola._visible = false;
jum = 15;
for(i=0;i< jum;i++) {
duplicateMovieClip(bola, "bola"+i, i++);
}


source bounce_ball.zip

No comments: